Blogroll

Portal Informasi Pendidikan SD ISLAM KAUMAN PATI ...>>. Alamat : Jl. Kamandowo Gg. Sunan Kalijaga No. 87 Pati, Kode Pos : 59114 ... e_mail : sdikauman@gmail.com .<<...

Pages

Selasa, 09 Agustus 2016

Gedung Lingkungan SD ISLAM KAUMAN PATI Aman, Nyaman dan Disiplin

Menciptakan sekolah yang aman, nyaman, dan disiplin sangatlah penting agar siswa dapat mencapai prestasi yang terbaik dan guru dapat menampilkan kinerja yang terbaik. Sekolah yang aman, nyaman dan disiplin adalah sekolah yang warga sekolahnya bebas dari rasa takut, kondusif untuk belajar dan hubungan antar warga sekolahnya positif. Sekolah yang aman, nyaman, dan disiplin menyediakan lingkungan fisik (gedung, kelas, halaman) sekolah yang bersih dan aman.

Selain aspek keamanan fisik, kenyamanan atau disebut iklim sekolah, yaitu menyangkut
atmosfir, perasaan, lingkungan keseluruhan secara sosial dan emosional sekolah juga harus diciptakan secara positif. Faktor yang mempengaruhi kenyamanan atau iklim sekolah ini adalah hubungan atau keterikatan antar warga sekolah, interaksi antar warga sekolah, rasa saling mempercayai dan saling menghargai antar warga sekolah. Bila keadaan faktor-faktor tersebut tinggi maka semakin positif iklim sekolah tersebut.
Keamanan, kenyamanan dan kedisiplinan suatu sekolah ditentukan oleh nilai-nilai dan sikap warga sekolah, termasuk kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, komite sekolah.Pada sekolah yang aman, warga sekolah mempunyai komitmen yang mendalam dalam menciptakan dan menjaga sekolah. Insiden intimidasi, kekerasan diselesaikan dengan cepat, efektif dan pemulihan hubungan antar warga sekolah cepat dipulihkan.

Ciri-ciri sekolah yang aman, nyaman dan disiplin
  • Sekolah yang aman, nyaman dan disiplin mempunyai karakteristik sebagai berikut. Lingkungan fisik sekolah aman dan nyaman (gedung sekolah, kelas, laboratorium, peralatan, halaman)
  • Warga sekolah saling mendukung dan menghargai.
  • Semua warga menerapkan disiplin yang efektif
  • Sekolah memberikan pembelajaran terbaik.
  • Warga sekolah mengembangkan sikap persamaan, keadilan, dan saling pengertian
  • Perilaku dan sikap yang diharapkan sekolah diajarkan.
  • Strategi pengelolaan prilaku yang menyimpang sifatnya supportive thd siswa
  • Adanya program penyembuhan/terapi
  • Adanya pemodelan/ contoh prilaku dan sikap yang diharapkan dari semua staf sekolah
  • Adanya hubungan yang baik antara sekolah dan orang tua, komite sekolah dan masyarakat.


Sekolah yang aman, nyaman dan disiplin akan tercapai bila semua warga sekolah:
  • Mengembangkan budaya sekolah yang positif dan fokusnya adalah pada pencegahan
  • Membangun komunitas sekolah dengan cara saling menghargai, adil, menerapkan azas persamaan dan inklusi.
  • Mengatur dan mengkomunikasikan secara konsisten prilaku yang diharapkan.
  • Mengajar, memberi contoh dan mendorong prilaku sosial yang bertanggung jawab yang memberi kontribusi terhadap komunitas sekolah
  • Memecahkan masalah secara damai menghargai perbedaan dan mengedepankan hak asasi manusia.
  • Bertanggung jawab, dan bermitra dengan masyarakat, untuk memecahkan masalah keamanan yang penting.
  • Bekerja sama untuk memahami bersama isu – isu tentang kekerasan terhadap siswa yang lemah, hukuman fisik, rasisme,ketidak adilan gender, dan sebagai ketakutan lainnya.
  • Merespon secara positif dan adil segala bentuk kekerasan di sekolah dan menggunakan intervensi untuk meperbaiki kekerasan fisik di sekolah tersebut, dalam hal ini butuh kerjasama antara siswa dan sekolah.
  • Berpartisipasi dalam pengembangan kebikjakan prosedur kemanan sekolah.
  • Selalu memonitor dan mengevaluasi sekolah dalam hal kedisiplinan.



Dari uraian di atas jelas terjadinya kekerasan dalam penegakan disiplin di sekolah harus dihindarkan, karena pendidikan kedisiplinan dengan menggunakan kekerasan ini tidak akan menciptapan suatu iklim sekolah yang kondusif,aman dan nyaman. Pendidikan kedisiplinan siswa dengan kekerasan justru akan mempengaruhi mental siswa, sehingga dapat mengganggu kenyaman kegiatan belajar yang berlangsung di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar