Blogroll

Portal Informasi Pendidikan SD ISLAM KAUMAN PATI ...>>. Alamat : Jl. Kamandowo Gg. Sunan Kalijaga No. 87 Pati, Kode Pos : 59114 ... e_mail : sdikauman@gmail.com .<<...

Pages

Selasa, 09 Agustus 2016

Kegiatan Belajar Mengajar SD ISLAM KAUMAN PATI Berkualitas dan Menyenangkan

Kegiatan Pembelajaran adalah suatu proses yang mengandung serangkaian kegiatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Menurut Winarno (1983) bahwa: pembelajaran adalah proses berlangsungnya kegiatan belajar dan membelajarkan siswa dikelas. Pelaksanaan pembelajaran adalah interaksi guru dan siswa dalam rangka menyampaikan bahan pelajaran kepada siswa dan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dari definisi tersebut diketahui bahwa dalam proses pembelajaran terdapat beberapa unsur diantaranya adalah pembelajaran sebagai sebuah proses
yang bertujuan untuk membelajarkan siswa di dalam kelas. Dalam kegiatan pembelajaran terjadi proses interaksi yang bersifat edukatif antara guru dengan siswa. Kegiatan yang dilaksanakan tersebut bermuara pada satu tujuan yaitu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Jadi setiap selesai kegiatan belajar maka akan terjadi tiga jenis perubahan yang diharapkan, yaitu
1. Perubahan tingkah laku
2. Perubahan mengenai pengetahuannya
3. Perubahan mengenai keterampilannya

Guru dituntut mampu mengelola proses belajar mengajar yang memberikan rangsangan kepada siswa sehingga ia mau belajar, karena siswalah subjek utama dalam belajar. Dalam menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif sedikitnya ada lima jenis variabel yang menentukan keberhasilan belajar siswa sebagai berikut :
- Melibatkan siswa secara aktif
- Menarik minat dan perhatian siswa
- Membangkitkan motivasi siswa
- Prinsip Individualitas
- Peragaan dalam pengajaran

Peran serta aktif siswa dalam belajar berarti menunjukan prestasi lebih baik, dan setiap individu akan lebih siap siaga dan cenderung lebih merasa aman.

Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan Schuler dan Jakson (1997: 354) bahwa :

Individu-individu menunjukan prestasi lebih baik bila mereka secara aktif terlibat dalam proses belajar. Bantuan organisasi dalam bidang ini dapat berkisar dari pendorong peran serta aktif dalam diskusi ruang kelas untuk menyusun beberapa program guna membantu melakukan perubahan strategi utama. Hal yang penting adalah menghubungkan individu dengan belajar melalui peran aktif, agar individu-individu tetap lebih siap siaga dan lebih cenderung merasa nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar